Thursday, September 18, 2008

Ball Python


Nama Umum: Ballphython, Royal Phython
Nama Ilmiah: Phython Regius

Panduan Singkat

Makanan: Rat, tikus kecil(tiput)
Temperatur: 26-28 Celcius / 31-33 Celcius( Sewaktu di Jemur)
Kelembaban: 50%-60
Usia : 20-30 tahun/ Mungkin Lebih..

Deskripsi

Pada umumnya Ballphython relatif kecil, spesies phython bertubuh tebal dengan leher ramping dan kepala kecil. Ballphython liar pada umumnya memiliki warna dan pattern yang bervariasi tapi semua memiliki motif coklat yg cenderung berbentuk gelembung, bulat , atau oval di balik background hitam( seperti pada gambar). Tapi berkat para breeder dan pengemar, ballphython telah berkembang dengan bermacam warna dan pattern yang baru (morph).

Ballphython ditemukan di alam bebas, tengah dan barat Afrika biasanya mereka membuat rumah di bekas lubang tikus atau lubang rayap. Nama mereka “Ball” berasal dari kata bola karena sifat mereka yang cenderung membulat atau menjadi bola pada saat mereka merasa terancam. Karakter mereka yang cenderung tidak aggresive pada saat mempertahankan diri dan ukuran tubuh yang ditentukan (kecil) membuat mereka populer di dunia satwa peliharaan.

Tempat Tinggal

Cara paling populer dan nyaman untuk tempat tinggal ballphyton adalah mengunakan aquarium, container plastik, atau terrarium buatan yang alami. Apapun pilihannya ada persyaratan untuk tempat tinggal ballphython :

Adanya ventilasi sehingga tidak menyebabkan udara tersumbat
Adanya tempat sembunyi , berendam untuk penyesuaian suhu
Kelembaban yang cukup
Ruang gerak yang cukup
Keamanan untuk mencegah ular keluar dari kandangnya

Untuk ballphython remaja kandang ukuran 10 gallon sudah cukup,sedangkan untuk dewasa bisa 40 gallon sudah cukup.

Aquarium kaca

Aquarium memiliki ukuran yang bervariasi dan memudahkan untuk dilihat dari luar tetapi memiliki kelemahan dalam ventilasi biasanya hanya bagian
atas saja yang terbuka.

Container plastik
container pada dasarnya sama dengan aquarium memiliki ukuran yang bervariasi tapi memiliki kemudahan untuk ventilasi dimana kita dapat melubangi dinding kontainer dengan obeng atau besi panas sehingga memudahkan ventilasi udara sayang nya container cenderung susah dilihat dari luar.

Modifikasi
Jika menginginkan hasil maksimal maka kita dapat mengunakan terrarium
khusus dimana disamping mengunakan plastik berlubang dan didepannya mengunakan kaca. Sehingga kita mendapatkan hasil yang maksimal.

Subtrat

Jangan sekali-sekali mengunakan kayu pinus atau batang cemara sebagai subtrat karena mengandung racun yang membahayakan buat kesehatan ballphython. Pasir, kerikir, walnut, juga pilihan yang buruk untuk subtrat.

Pilihan untuk subtrat adalah bahan yang selalu tersedia , mudah di rawat atau mudah diganti, mudah dibersihkan. Substrat sebaiknya dicheck tiap hari dan diganti apabila sudah kotor (pup ular). Beberapa option untuk substrat :
* Koran
* karpet khusus reptil
* karpet biasa
* sekam Kelapa

Untuk lebih jelas bisa dikonsultasikan dengan ahli, breeder karena masing2 subtrat mempunyai kelebihan masing2.

Persembunyian

Ballphython cenderung pemalu dan aktif pada malam hari, mereka menyukai tempat yang gelap dan aman untuk bersembunyi dan melingkar. Sangat baik jika bisa menyediakan dua tempat persembunyian
satu yang cenderung hangat dan satu cenderung bersuhu dingin. Supaya ular dapat menyesuaikan dengan suhu tubuhnya.

Tempat persembunyian dapat dibuat sendiri atau beli jadi dengan ukuran dan material yang bermacam-macam. Untuk perawatan yang mudah sebaiknya tempat persembunyian mudah dibersihkan sehingga kebersihan tetap terjaga. Ukuran sebisa mungkin jangan terlalu besar diusahakan pas dengan ularnya sehingga ular merasa dipeluk didalam tempat itu.

Temperatur

Menjaga suhu yang pas sangat penting untuk kesehatan ballphython, apabila suhu tidak pas akan berpengaruh pada nafsu makan, pernafasan. Untuk alasan ini anda perlu memonitor temperatur secara akurat dengan mengunakan thermometer, biasanya yang digital supaya lebih mudah dipantau.

Sumber Panas

Jangan mengunakan heating rocks atau plat pemanas di dalam kandang, karena dapat menyebabkan kulit ballphython terbakar.
Apabila mengunakan elemen pemanas taruh dibawah kandang untuk mencegah kontak langsung dengan ular, usahakan ada ruang sisa untuk sirkulasi udara elemen pemanas supaya tidak menimbulkan panas yang berlebihan.
Cara lain dengan mengunakan heating bulb/ lampu pemanas guna menjaga tingkat kelembaban didalam kandang.

Kelembaban

50-60% saat normal
60-70% saat akan shedding(ganti kulit)
Menjaga kelembaban juga penting untuk kesehatan ballphython karena kelembaban yang terlalu berlebih akan berakibat tumbuhnya bakteri, jamur . Menjaga kelembaban dapat mengunakan tempat berisi air atau mengunakan humidifier untuk mengurangi kelembaban.

Lighting

lampu UV atau lampu suplemen tidak perlu untuk ballphython, cukup mengunakan ambient dari lampu ruangan dengan jadwal tertentu (siang atau pagi). Kelebihan cahaya dapat mengakibatkan stress pada ular.

Air

Ballphython anda membutuhkan air bersih setiap saat. Anda dapat mengunakan tempat air atau mangkok yang agak berat supaya tidak tumpah pada saat ular masuk untuk berendam. Selalu ganti air dan bersihkan tempatnya setiap hari.

Feeding

Ballphython adalah pemakan tikus, dalam penangkaran makanan yang digunakan adalah tikus kecil atau tikus dewasa. Usahakan makanan selalu tetap sama(karena Ballphython akan mengingat makanan favoritenya) dan mudah di cari di pasaran.
Ukuran tikus dan seberapa sering ballphython diberi makan sering menjadi perdebatan. Banyak penghobby memberi tikus ukuran sebesar badan dari ular tersebut, dengan memberi ukuran yang lebih kecil dibanding standar akan membuat nafsu makan ular tetap konsisten. Ballphython dewasa dapat makan tikus dengan berat 50-60 gram setiap minggunya.
Tingkat keseringan untuk memberi makan tergantung dengan ukuran makanan yang kita berikan. Jika ukuran tikus yang kita berikan kecil maka kita cukup memberinya seminggu sekali, tapi juka ukuran nya besar bisa kita berikan per 10 hari. Untuk tikus yang teralu besar bisa menyebabkan nafsu makan hilang dikemudian hari dan jadwal pemberian makan terganggu.
Ballphython merespon baik untuk pemberian makan yang terjadwal. Memberi makan setiap 7 hari pada hari yang sama adalah cara yang baik untuk menjaga jadwal makan dan ular sendiri akan terbiasa.
Di dunia reptil masih diperdebatkan untuk memberi makanan hidup atau pra mati(pre-killed) untuk itu bisa dikonsultasikan ke masing hobby.

Makanan Hidup: jangan meninggalkan tikus hidup dalam kandang tanpa kita awasi , dan jangan meninggalkan tikus hidup lebih dari 20 menit. Jika ular tidak makan mangsanya dalam waktu itu, segera keluarkan tikus dari kandang dan beri makan lagi sesuai jadwal makan selanjutnya. Karena tikus tersebut dapat melukai ular anda. Kehilangan makanan tidak akan melukai ular anda.

Pre-Killed anda bisa memilih untuk membunuh tikus terlebih dahulu sebelum diberi ke ballphyhon anda. Dan pastikan tikus tersebut benar-benar sudah mati. Karena tikus yang pingsan bisa tiba-tiba bangun dan berbahaya untuk ular anda. Bunuh tikus itu secepat mungkin dan painless( tanpa terasa).

Frozen Tikus beku yang kemudian di lunakan(dicairkan) dengan mengunakan air panas(bukan air mendidih atau direbus langsung) dapat diberikan setelah menjadi hangat.

Aroma makanan atau tikus beku yang dihangatkan atau tikus hidup yang didekat kan pada ular anda akan sangat membantu penciuman ular dan membangunkannya sehingga dapat segera memakan tikus tersebut.

Mengapa Ular anda tidak mau makan?

Kebanyakan kasus ular tidak mau makan terjadi pada ular yang masih remaja (baby). Terutama pada saat mereka akan sheeding. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab ular anda tidak mau makan.:

Kurangnya keamanan Tidak ada tempat persembunyian, atau tempat persembunyian terlalu besar, biasanya ular menyukai tempat sembunti yang sempit dan gelap disana mereka akan merasa aman. Kondisi lingkungan yang terlalu ramai,( diatuh didepan jalan raya). Atau terlalu banyak orang yang lewat didepan kandang, semua dapan menyebabkan ular anda tidak mau makan karena merasa tidak aman.

Terlalu sering dipegang jika ular sering dimainkan atau sering dipindah-pindah kandang, dipegang terlalu lama dapat menyebabakan ular merasa lemah dan akan kehilangan nafsu makan.

Temperatur yang tidak sesuai suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin atau perubahan suhu yang drastis dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan. Usahakan agar suhu tetap konsisten dengan mengunakan thermometer disesuaikan dengan suhu standar yang digunakan.

Penerangan yang tidak perluterlalu banyak lampu atau cahaya yang 24 jam nonstop dapat menyebabkan ular anda stress. Harus ada sklus siang dan malam pada kandang.

Perubahan makanan Perubahan makanan yang seperti tikus kecil menjadi tikus besar atau hewan pengerat lainnya. Dapat membuat ballphython anda tidak mau makan. Tapi perubahan seperti ini dapat dilakukan dengan kesabaran dan terus menerus, maka ular anda akan dapat merubah kebiasaan nya.

Memberi makan yang berlebihan pemberian makanan yang tidak perlu , merubah tempat persembunyian, memindah tempat makan . Dapat menyebabkan ular kehilangan nafsu makan.

Makanan terlalu besar ukuran makanan yang terlalu besar bisa mebuat ular anda tidak mau makan, semisal dimakanpun bisa merusak jadwal makan yang selanjutnya karena masih terlalu kenyang.

Bakteri/ Kutu Kutu atau bakteri pada ular anda bisa menyebabkan nafsu mkan hilang. Untuk itu selalu jaga kebersihan dikandang untuk mencegah, seandainya sudah terkena kutu anda dapat membeli obat anti kutu untuk menghilangkan nya( sebaiknya dikonsultasikan ke ahli/ hobby)

Musiman Musim kawin dapat menyebabkan ular anda tidak mau makan berminggu2 apalagi jika lawan jenis nya terdapat didekatnya.

Sakit Jika semua kemungkinan diatas tidak ada maka kemungkinan paling buruk adalah sakit, adanya parasit didalam tubuhnya, atau infeksi pada kulit, mulut, sisik, atau sistem pernafasan. Untuk kasus ini segera konsultasi kan ke dokter hewan atau ahli reptil.

Sayangnya ballphython adalah ular yang dapat berpuasa selama berbulan -bulan tanpa menderita sakit, untuk hal ini anda harus menyediakan waktu untuk mencari penyebabnya dan beri ular anda makanan yang konsisten dan terjadwal. Sebaiknya jangan beri makan yang terlalu besar, atau bervariasi, atau tidak tentu jadwalnya supaya hal ini tidak terjadi.

Shedding

Menjaga tingkat kelembaban, kebersihan, makanan akan membantu proses shedding(pengantian kulit) pada ular anda. Banyak orang percaya sisa pengantian kulit yang utuh satu badan merupakan tanda bahwa ular anda sehat. Tapi selama hasil dari proses shedding ular anda tetap mulus dan utuh maka anda tidak perlu kuatir meskipun sisa kulit yang diganti tidak utuh satu badan.
Tanda-tanda ular anda akan shedding biasanya perut ular akan terlihat pink, atau kemerah-merahan dan mata akan berwarna biru-putih susu warna kulit yang pudar. Tanda ini akan muncul beberapa hari sebelum shedding, untuk itu jaga tingkat kelembaban untuk shedding 60-70% untuk membantu proses tersebut. Sediakan air bersih untuk berendam.

Selamat memelihara Ballphython!!!

Translated from www.ball-pythons.net
mohon maaf apabila ada yang dikurangi atau ditambah dari text aslinya.
Karena keterbatasan kemampuan.

1 comments:

Unknown said...

Gan numpang nanya ni , ni kenapa ular ballphyton saya belum nyampe seblun ganti kulit , tpi ko warnya sudah kemerahn lagi ya seperti mu sheding