Monday, September 22, 2008

Fat Tailed Gecko



Nama: Fat Tailed gecko

Nama latin: Hemitheconyx caudicinctus

Seperti Leopard gecko (Eublepharis macularius), Fat Tailed Gecko adalah jenis gecko yang mempunyai kelopak mata, dari Famili gekkonidae dan subfamili Eublepharinae. Memiliki bentuk tubuh dan ukuran yang mirip dengan LG, tapi mempunyai cara beradaptasi yang berbeda dengan LG. Secara umum Fat Tailed Gecko adalah jenis yang sangat jinak, sedikit pemalu dan bersikap berbeda terhadap manusia yang dibanding dengan LG. Biasanya Fat Tailed Gecko yang baru saja datang akan kelihatan strees karena belum terbiasa dengan tempat baru nya. Tapi setelah beberapa lama dia akan mau kalau ditaruh di tangan.

Fat Tailed Gecko

* Negara Asal: Africa Barat , penyebaran meliputi Senegal sampai Cameroon sebelah Utara
* Habitat Tempat Tinggal: Padang Rumput, Bebatuan di bukit, Hutan terbuka, tepian-tepian sungai.
Size: Panjang 8-10 inches.
* Kebiasaan: Fat tailed geckos adalah binatang malam. Mereka biasanya agak jinak dan sedikit pemalu.
Larangan: Jangan menempatkan lebih dari 1 Jantan dalam satu kandang.
* Penampilan: Fat tailed geckos dibagi dalam dua Patern- Pertama: Dengan strip putih dipunggungnya, Kedua: Tanpa Strip di punggung. Warnanya biasanya terdiri dari beberapa warna, yang paling sering adalah warna gelap dan terang.

Fat Tailed Gecko (Orange_

* Bentuk Badan: Dengan Ekor yang gemuk paling mudah dikenali (fungsinya untuk menyimpan makanan).
* Kandang: Fat Tailed Geckos memerlukan Aquarium ukuran minimum 10 Galon, untuk satu ekor.
Aksesories: kotak persembunyian, tanaman hidup, batu, Batang kayu.
* Alas: Orchid bark, cypress mulch, coconut fiber bedding, or peat moss bisa digunakan untuk mempertahan kelembaban.
* Temperatur: Di siang hari suhu bekisar 29-32 C, Menjelang Malam hari harus diturunkan menjadi 24-27 C. Pemanas sangat diperlukan didalam aquarium,tetapi bisa memakai lampu dop, (biasanya Nocturnal dop ), Tidak perlu memakai Lampu UV (ultra Violet ). Kelembaban yang diperlukan sangat tinggi lebih dari 50%, dijaga dengan menyemprotkan sekeliling Aquariums dengan air, dan juga dengan menyediakan tempat air didalam Aquarium, atau juga bisa menempatkan spon yang sudah dibasahi di taruh di dalam kotak.
* Pemberian Makan: Fat tailed geckos dapat diberi makan jangkrik dan mealworms. Fat tailed geckos dewasa bisa diberi makan superworm atau maxworm.untuk dewasa pemberian makan cukup 2 atau 3 kali sehari, untuk masih bayi bisa 1 atau 2 kali sehari. Sebelum memberi makan sangat dianjurkan untuk memberikan tambahan vitamin yang berisi kalsium dengan cara diolesikan ke jangkrik atau mealworm.
* Musim kawin: December , Telur akan menetas dari 15 s/d 40 hari setelah perkawinan. Jumlah nya biasanya 5 clucthes.
* Cara Penetasan Telur: Suhu yang ideal untuk penetasan 26.7 -34.4 C, Temperature Sex Determined (TSD ) 26.7C = Betina, 30 C = ¼ dari total telur adalah Jantan, 32.2C = JantaN

Thanks buat Rx member “kucrut”

http://www.reptilx.com

0 comments: