Sunday, September 14, 2008

Memberi makan kura-kura Indian Star

oleh A. C. Highfield

ImageKebutuhan makanan kura-kura darat Indian Star (Geochelone elegans) berada diantara kura-kura Mediterranea (jenis Testudo) dan kura-kura Leopard (Geochelone pardalis).

Di tangkaran, kura-kura Indian Star seharusnya tidak diberikan buah dalam jumlah banyak atau secara rutin jika begitu mereka akan menderita kelainan saluran pencernaan yang serius.

Mereka membutuhkan makanan yang berserat tinggi, rendah kadar gula dan karbohidrat yang mudah dicerna dan yang terutama terdiri dari daun hijau kasar, dicampur dengan rerumputan dan bunga-bunga.

Anakan kura-kura dan kura-kura betina yang sedang bertelur memerlukan kalsium yang cukup banyak. Maka gunakanlah selalu suplemen pada tahap ini.

Makanan yang baik untuk kura-kura Indian Star adalah:

Image

Kembang Sepatu

Inggris: Hibiscus

Yang dapat dimakan: daun dan bunga

Image

Murbei, besaran (Jawa).; Kerta, kitau (Sumatera)

Inggris: Mulberry

Latin: Morus alba

Yang dapat dimakan: daun

Image

Petunia

Yang dapat dimakan: daun dan bunga

Image

Semanggi
Inggris: Clover

Image

Jombang, taraksakum (Jawa)

Inggris: Dandelion

Latin: Taraxacum officinale Weber et Wiggers

Image

Ki urat, ceuli, c. uncal (Sunda), meloh kiloh, otot-ototan,; Sangkabuah, sangkabuah, sangkuah, sembung otot,; suri pandak (Jawa). daun urat. daun urat-urat, daun sendok,; Ekor angin, kuping menjangan (Sumatera). ; Torongoat (Minahasa).

Inggris : greater plantain, common plantain, plantain weed

Latin: Plantago

Lidah Mertua

Inggris: Snake Plant

Latin:Sansevieria sp.

Latin: Mesembryanthemum sp.
Latin: Crassula sp.
Rumput halaman segar


Coba hindari makanan salad (sayuran campuran) dari supermarket. Karena salad ini tidak menyediakan serat yang cukup dan lebih condong mengandung element dan nutrisi yang buruk. Ribuan bayi kura-kura Indian Star dijual tiap tahunnya di berbagai tempat di dunia sebagai hewan peliharaan. Dan mayoritas kura-kura mati dalam 12 bulan karena cara pemberian makan dasar ini diabaikan. Jika anda memelihara jenis ini, anda harus menyediakan makanan yang cukup dan harus memastikan baik kalsium dan vitamin D3 terpenuhi.

0 comments: