Friday, September 19, 2008

Bearded Dragon complete care

Untuk hatchling berukuran 12 inchi, 15 gallon tank sudah cukup. Itu sudah cukup untuk sang beardie untuk berlari-lari dan berolahraga. Tetapi tidak boleh terlalu besar hingga sang beardie tidak bisa mengejar mangsanya. Untuk adult bearded dragons, mereka membutuhkan 55 gallon tank untuk mereka agar ada ‘living space’ dan tetap menjaga natural display-nya. Setidaknya, bearded dragon membutuhkan 4ft/square luas lantai.
Substrate:

REPTILE BARK

Bedding reptile bark bukanlah pilihan yang baik karena jangkrik bisa mengumpat dibawah kayu-kayu dan mengganggu dragon anda di malam hari. Alasan lain adalah Karena dragon anda dapat dengan tidak disengaja memakan kayunya

PLAY SAND

Ini adalah cara yang lebih ekonomis dan low maintenance untuk beardie. Karena jika mereka ke ‘toilet’ hanya harus dikeluarkan dengan sekop. Dan untuk baby beardie, pasirnya harus disaring dulu karena masih banyak kerikil.

NEWSPAPER

Ini adalah set-up yang paling ekonomis jika anda tidak memikirkan display dari tank tersebut. Tinta dari Koran tidak akan melukai dragonmu, tetapi hanya akan mengotori kaki mereka.
Behavior:

BEARD DISPLAY

Ini biasanya ditemukan pada male dragons untuk menentukan hierarchy pada breeding season dengan membesarkan jenggotnya dan merubahn warnanya menjadi hamper hitam seluruhnya. Yang biasanya bisa terlihat sampai ke daerah dada.

KEPALA BOBBING

Kelakuan ini dilakukan oleh dragons untuk menentukan ‘Bos’ di territory mereka. Coba taruh mereka ditengah lantai ruang tamu dan pasti akan melakukan ini.

ARM WAVING

Ini biasanya dilakukan oleh female dragons untuk menjawab head bobbing dan veard display yang dilakukan oleh male dragons yang tidak dominan. Tetapi sama juga terlihat seperti head bobbing tetapi dalam slow motion.

RAISED TAIL

Ini dilakukan ketika breeding season untuk memberikan sinyal bahwa dia tahu bahwa sang jodohnya ada dan sebagai “acceptance”. Tetapi dragons muda juga melakukannya ketika sedang berburu
Food:

VEGGIES

Ada banyak seleksi makanan hijau buat Beardie yang tinggi akan kalsium untuk diberikan. Ada … kale, argula, collard &mustard greens, parsley, dandelion greens, bunga, endives, radish, carrot, atas lobak, excarole dan chicory endive. Untuk makanan yang lebih bervariasi, bisa dicampur dengan squash, jagung, peat, wortel diserut, zucchini, timun. Yang penting adalah variasi makanan untuk dragon anda. Untuk buah, beardie bisa diberikan cantaloupe, apel, blueberry, pear, anggur, raspberries dan semuanya dipotong untuk menghindari choking.

GUTLOAD (FOR BUGS)

Jangkrik, ulet hongkong dan uklet jerman sangatlah banyak di pasaran, tetapi mereka tidak mendapatkan nutrisi yang maksimal, karena itu mereka dapat diberika gutload sebelum dimakan oleh dragon anda. Untuk gutload, makanan yang paling bagus adalah : baby cereal, jeruk, wortel, kentang

SUPLEMEN

Apa yang “wajib” diberikan Kepada dragons lagi adalah calcium supplement. Rep-cal calcium adalah pilihan terbaik untuk dragon anda. Pemberian kalsium seharusnya diberikan 2 hari sekali. Dragons juga bisa diberikan herptivite tetapi harus diberikan tempat berolahraga karena dapat menyebabkan keracunan vitamin A

sumber : www.reptilx.com

0 comments: