Saturday, September 13, 2008

Merawat Kura-Kura Indian Star

oleh A. C. Highfield

Image Umum

Salah satu kura-kura darat di dunia yang paling terlihat beda daripada yang lain. Tanda markingnya yang mencolok membuat hewan ini menjadi incaran para kolektor. Ekspor terlarang yang terus menerus terjadi menjadi ancaman yang cukup besar akan hilangnya habitat dan daerah sumber makanan untuk kura-kura tersebut. Menurut data yang ada, kura-kura ini dapat diketemukan di Pakistan dan daerah utama penyebarannya terdapat di India dan Sri Lanka dimana kepadatan populasinya masih bisa dikatakan bagus

Taksonomi

Kura-kura darat ini sepertinya berhubungan dekat dengan Burma Geochelone playtona, yang mana perbedaan utama terletak pada garis sinar pada plastorn dan memiliki lebih banyak sinar/bintang pada costalnya. Menurut beberapa authoriti, geochelone elegans mempunyai bentuk conical yang lebih banyak pada vertebral dan costalnya dibanding playtona, tetapi karakter ini sangatlah bervariasi meskipun pada elegan sendiri dan mungkin berhubungan dengan asal geografisnya.

Uraian

Ukuran maksimum kura-kura indian star yang pernah dicatat adalah kurang lebih 350mm, tetapi banyak spesimen yang lebih kecil, biasanya diantara 250mm SCL. Karapas(cangkang)nya ditandai dengan bentuk bintang yang bersinar. Karakteristik ini juga ditemui pada bagian plastornnya(dasar). Setiap kostal dan vertebral scute mempunyai bulatan kuning besar yang dikelilingin oleh beberapa garis-garis yang memancar.

Kura-kura indian star diketemukan di habitat kering liar, daerah hutan semak, batasan antara gurun pasir dan daerah tandus. Kura-kura ini juga hidup di daerah rerumputan kaki bukit dan perbatasan area cultivated. Dilihat dari sini sepertinya spesies ini seolah-olah kuat dan mudah beradaptasi, tetapi di captiviti kura-kura ini termasuk sebagai kura-kura yang sangat sensitif dan delikat. Kura kura ini juga tidak dapat bercampur baik dengan spesies lainnya dan dianjurkan dirawat pada satu grup.

Pada cuaca yang baik, kura-kura ini sebaiknya diberi kesempatan ke daerah terbuka sebanyak mungkin. Beri tempat berteduh dalam bentuk semak-semak dan tumbuhan pendek sebagai tempat berteduh mereka dari terik sinar matahari tengah hari. Pada cuaca dingin dan selama musim dingin, daerah yang luas, daerah dalam ruangan atau greenhouse yang dihangatkan sangat penting yang mana suhu siang harus dijaga diatas 20 derajat Celsius. Fasilitas lampu spot atau lampu jemur(basking) infrared juga sangat berguna. Suhu malam hari harus diatas 10 derajat Celcius.

Kura-kura Indian star adalah hewan pemakan tumbuhan-herbivora, di alamnya makanannya lebih ke rerumputan. Dalam captivity, indian star harus diberi makanan yang mengandung banyak serat sebab kalau tidak dapat menyebabkan diare atau masalah parasit usus yang sering terjadi.
ImageUntuk persediaan cairan, beberapa tomat dan ketimun dapat diberikan ke kura-kura ini. Makanan pokoknya dapat ditambah dengan banyak suplemen seperti Vionate dan Nutrobal karena kura kura ini memiliki kebutuhan kalsium yang banyak.

0 comments: