Saturday, September 27, 2008

Pac Man Frog


Nama: South American Ornate Horned Frog, Pac Man Frog

Nama Latin: Ceratophrys ornata

Asal: Hutan tropical Amerika Selatan

Ukuran: Jantan bisa tumbuh sampai dengan 18Cm, dan betina tumbuh sampai 23 cm.

Umur Hidup: Bisa mencapai 6 tahun, ada yang bisa sampai 12 tahun di dalam penangkaran.

Penampilan Umum: Pac man frogs adalah jenis katak yang besar dan gemuk.
Bentuk badannya terdiri dari perut dan mulut yang lebar. Warna badanya biasanya hijau dengan totol merah atau hitam disepanjang punggungnya. Bentuk tubuh betina biasanya lebih besar dari jantan dan berbentuk bulat. Juga mempunyai gigi.

Kandang : Minimum 10-gallon aquarium, dan perlu penutup.

Suhu: 22° to 27° Celcius

Cahaya: Pacman memerlukan pencahayan 9 – 12 jam, lebih dari itu menyebabkan mereka tidak mau makan, lampu neon lebih disarankan dalam penggunaan karena lampu pijar membuat kulit mereka kering.

Alas: Kandang bisa diberi alas gravel, atau Rumpun sphagnum moss dan tanaman hidup. Pacman adalah binatang yang sangat sensitif jadi sebelum anda membeli aksesories pastikan bahwa product yang and beli sudah memenuhi standard untuk reptile.

Lingkungan: Sediakan tempat air yang cukup lebar, karena pacman sanagt menyukai berendam didalamnya sepanjang waktu. Sediakan tempat persembunyian agar pacman merasa nyaman. Sangat diperlukan kelembaban yang tinggi diperlukan penyemprotan setiap hari.

Pemberian makan: Jangkrik, Ikan dan anak tikus adalah makanan yang bisa diberikan. Pacman kecil bisa diberi makan setiap 2 – 3 hari sekali, Pacman dewasa bisa diberi makan sekali seminggu kemudian tiap 10 s/d 14 hari sekali. Makanan yang diberikan tidak lebih besar dari separuh badannya. Tambahkan vitamin dan calcium setiap seminggu sekali kepada pacman yang masih kecil, dan 3 -4 minggu sekali apabila sudah dewasa. Dalam pemberian makan jangkrik, tikus bisa ditaruh pada tempat kecil, apabila memberi dengan ikan taruhlah di tempat air nya dan masih hidup. Jangan pernah memberikan makan kepada pacman dengan tangan langsung karena dia akan menggigit.

Perawatan: bersihkan secar berkala kandang dari sisa makanan, seperti jangkrik atau tikus. Gantilah air setiap hari apabila sudah keruh.

0 comments: