Tuesday, September 30, 2008

Milk Snake


Name: Milk Snake

Latin name: Lampropeltis triangulum

Asal: Canada bagian tenggara sampai ke to northern South America

Ukuran: 15.24 cm s/d 71.12 cm Untuk jenis the Scarlet Kingsnake (L. t. elapsoides). 15.24cm s/d 121.92 cm
Untuk Jenis Black Milk Snake (L. t. gaigeae) dan jenis Honduran Milk Snake (L. t. hondurensis)

Umur Hidup: 20 tahun, rata rata 15 years.

Penampilan: Warna Milk snakes ada tiga tipe patern: Tiga warna yang dimiliki adalah cincin yang melingkar adalah putih atau kuning, cincin kedua Hitam dan warna tubuh merah atau kuning yang mana semua melingkar di tubuhnya. Selain tipe patern warna diatas ada juga warna coklat muda, abu abu atau kirim, dengan warna merah gelap.

Kandang: Milk snakes adalah jenis binatang yang suka menyembunyikan diri, karena sifat dari binatang ini maka kandang yang akan dibuat harus sesuai dengan sifatnya. Panjang kandang sedikitnya harus 2/3 dari panjang badan ular itu sendiri, dan harus mempunyai tempat persembunyian yang nyaman.

Temperatur: Suhu yang sesuai adalah 25.5 C s/d 27.7 C pada waktu siang hari, dan 18 s/d 21 C pada waktu malam hari. Milk snake perlu mendapat panas yang cukup untuk membantu mencerna makanan dan meningkatkan kekebalan dan metabolisme. Temperature ini bisa disesuaikan dengan memasang pemanas yang di tempatkan di bawah kandang.

Pencahayaan: Lampu yang terang tidak diperlukan karena ular ini jenis yang disebut crepuscular yaitu jenis yang keluar pada saat pergantian dari siang ke malam atau sebaliknya. Apabila perlu dipasang lampu hanya diperlukan untuk menjaga suhu didalam kandang. Lampu yang sering dipakai adalah berwarna biru,merah.

Alas: karena sifatnya suka bersembunyi maka ular ini memerlukan alas yang membuat mereka bisa bersembunyi. Salah satunya adalah serutan dari pohon pine atau aspen, atau juga bisa digunakan cypress mulch untuk jenis yang lebih besar. Selain itu bisa digunakan kertas rumput.

Lingkungan: kandang harus selalu kering, dan berisi beberapa tempat persembunyian dan tempat minum. Air harus diganti sedikitnya 1 x seminggu.

Pemberian Makan: Di Alam, Milk snake biasanya memangsa binatang jenis vertebrata, termasuk katak, binatang pengerat kecil, ular kecil atau kadal. Di dalam penangkaran Milk Snake biasanya diberi makan tikus yang sudah dimatikan terlebih dahulu guna menghindari ularnya akan terluka. Dengan semakin berkembang besar tubuhnya maka pemberian makan harus disesuaikan dengan besarnya tubuh ular. Salah satu cara mengetahui ukurannya adalah ukuran makanan yang akan diberikan tidak lebih besar 1½ kali dari ukuran lingkar dari tubuhnya yang paling besar. Pemberian Makan pada bayi adalah dimulai dengan pinky yang sudah dimatikan, sedangkan ular dewasa dengan diberi tikus dewasa.

Perawatan : Untuk memudahkan perawatannya , ular harus ditempatkan di kandang yang kering, kandang harus dibersihkan dari kotorannya setiap hari apabila bahan alas yang dipakai adalah (Serutan kayu, Mulch), apabila yang dipakai sebagai alas adalah koran maka di anjurkan untuk mengganti setip hari. Kandang harus disemprot dengan anti bakteri sedikitnya 1 bulan sekali guna menghindari bakteri

0 comments: