Sunday, September 28, 2008

Garter Snakes


Nama: Garter Snakes

Latin name: Thamnophis spp.

Asal : Amerika Utara dan Tengah Ukuran : 1 mtr

Umur : 10 Tahun dalam penangkaran.

Penampilan umum: Semua keluarga dari jenis Thamnophis adalah ular yang bertubuh lansing. Warna tubuhnya adalah kotak koak dan juga garis lurus disepanjang tubuhnya.
Jenis jantan biasanya agak gemuk di bagian ekornya, dibading dengan Betina.

Kandang : garter snake bisa dipelihara di Aquarium dengan ukuran 10 galon s/d 20 galon, dengan penutup atas. Sangat disarankan kandang yang dipakai kandang dengan tingkat keamanan yang tinggi karena ular ini sangat lihai dalam melarikan diri.

Suhu : Seperti kebanyakan jenis ular lain maka Thamnophis menyukai suhu 21° C dengan tempat berjemur sekitar 28° C. pada malam hari lampu berjemur bisa dimatikan.

Pemanas & Pencahayaan : Ular jenis Garter tidak memerlukan, penyinaran selama 1 x 24 jam, tetapi ular ini memerlukan penghangat yang bisa dipergunakan adalah penghangat dari Lampu pijar ataupun Keramik penghantar panas. Timer dan Termometer di perlukan untuk mengontrol suhu yang ada di dalam kandang.

Alas : berbagai jenis alas bisa digunakan, seperti : kertas koran dan serutan Aspen, juga Tanah juga bisa digunakan. Akan tetapi dilarang menggunakan yang berbahan dasar Cedar karena beracun.

Lingkungan : Kotak tempat air harus disediakan di dalam kandang, untuk menjaga kelembaban dan sebagai tempat berendam di dalamnya. Kotak tempat persembunyian juga harus disediakan di dalam kandang agar ular merasa aman dan nyaman. Demikian juga dengan pohon untuk dia memanjat.

Diet: Jenis Ular ini menyukai jenis makan seperti Earthworms, Redworms, serangga juga disukai oleh ular jenis ini. Ikan seperti guppies Belut bisa juga sebagai menu tambahan.

Perawatan : Air bersih harus diganti setiap hari, apabila menggunakan koran sebagai alas maka pembersihan setiap hari harus dilakukan.

0 comments: