Wednesday, September 3, 2008

Merawat Red Eared Slider Part 3

Filter

Kita tidak bisa mengelak, kura-kura air memang mengotori cukup banyak, bisa karena mereka menggali di dasar aquarium atau kebiasaan makannya yang mengoyak makanan dengan cakarnya. Mereka juga membuang kotorannya sendiri ke dalam aquarium. Oleh sebab itu kwalitas air cepat menjadi buruk dan perubahan ini dapat berbahaya untuk kura-kura anda.Jenis sistem filter yang mana yang dipilih untuk aquarium?Tergantung dari jenis aquarium, volumenya, dan interior desainnya, sistem filter yang berbedapun juga dapat dikombinasikan. Contohnya untuk aquarium kecil yang tidak dekorasinya selain batu yang digunakan untuk daerah berjemur, filter tidak perlukan asal air diganti setiap hari. Tetapi rutinitas ini dapat menjadi terpaksa jika anda berhalangan beberapa hari atau anda menanam tumbuhan di dalam aquarium yang ditambah dengan pasir atau aquarium yang volumennya besar. Maka dari itu, filter aquarium yang efisien menjadi suatu keharusan.Filter internalUntuk aquarium kecil dimana kura-kura muda dipelihara, filter internal memberikan hasil yang cukup baik. Tergantung dari tenaga pompanya, filter ini dapat digunakan untuk volume sampai 60 liter. Karena volume penyaringan kecil, mereka sebaiknya dibersihkan lebih sering, tergantung dari ukurannya.

Filter undegravel (dibawah pasir)

Sistem filter ini menggunakan pasir aquarium itu sendiri sebagai media penyaringnya. Gerakan airnya dihasilkan oleh pompa udara atau pompa air. Pompa air aquarium(powerhead) lebih efisien dan memastikan air bersih menyebar ke semua permukaan filter. Meskipun menjadi kontroversi, filter ini merupakan pelengkap yang baik bagi filter eksternal untuk aquarium kura-kura yang besar karena filter ini memastikan timbulnya bakteri pengurai dengan baik yang penting dalam penguraian kotoran.

Filter eksternal(luar aquarium)

Filter ini penting jika aquariumnya berkapasitas 100 liter atau lebih. Karena ukurannya, filter eksternal memberikan kombinasi semua sistem filtrasi: filter mekanik, filter biologis dan filter kimia. Perawatannya juga mudah karena tangan anda tidak perlu masuk ke dalam aquarium untuk mengganti filter medianya. Yang anda perlukan adalah mematikan listrik filternya, tutup kran air masuk dan keluar dari filter dan anda dapat memisahkan filternya lalu membersihkan di lain tempat. Sangat mudah. Salah satu kelebihan filter luar/eksternal memberi ruangan dalam aquarium. Filter model yang terbesar sekarang menyediakan pemanas di dalamnya sehingga mendapat ruang yang dalam aquarium. Anda sebaiknya memilih filtrasi yang memiliki output keluaran yang tinggi untuk memastikan penyaringan yang sempurna. Dianjurkan untuk memiliki pompa dengan kapasita 3 sampai 4 kali volume aquarium dalam satu jam. Anda juga bisa menggunakan dua filter ini sekaligus jika anda memiliki aquarium yang besar.Mengganti airMeskipun anda telah menggunakan filter, mengganti air tetap diperlukan. Karena nitrat yand dihasilkan dari penguraian atau filter tidak akan hilang dengan efisien tanpa pergantian air. Dianjurkan untuk mengganti air 1/3 dari airnya setiap minggu. Ganti dengan air bersih hangat.


0 comments: