Thursday, September 4, 2008

Merawat Red Eared Slider Part 4

Makanan

Kura-kura brazil adalah hewan yang makan apa saja tetapi anda perlu memberi makan mereka dengan makanan yang sesuai Macam-macam makananMenvariasikan makanan sangat penting untuk untuk kura-kura untuk memastikan kesehatan keseluruhannya. Jangan memberi makan hanya satu macam saja. Anda bisa memberinya berbagai macam makanan hidup seperti jangkrik, cacing tanah, keong air, ikan cere, buah-buahan, sayuran, makanan komersil dan suplemen vitamin.

Berapa sering kasih makannya

Kura-kura anda akan selalu meminta-minta makanan. Kura-kura brazil memiliki nafsu makan yang sangat besar. Kebanyakan pemelihara kura-kura memberi makan yang baik setiap dua hari sekali. Berapa banyak makanan yang baik? Sampai kura-kura anda kenyang dan berhenti makan. Pemelihara lainnya memberi makan dua kali seminggu. Saya pribadi memberi mereka makanan porsi kecil sekali setiap hari. Jika kura-kura anda gemuk, anda harus memperhatikan apa yang anda berikan atau anda harus mulai mengurangi pemberian makannya.

Makanan komersil

Ada berbagai macam makanan komersil untuk kura-kura. Anda dapat memberi makan dengan makanan komersial tetapi anda anda harus memvariasikan makanannya. Jangan hanya memberi makanan komersial saja. Periksa isi nutrisi makanannya. Sebaiknya proteinnya kurang dari 35% dan makanan komersial yang baik untuk kura-kura adalah yang mengandung kalsium dan vitamin A. Suplemen vitaminAnda dapat memberi suplemen vitamin dua kali seminggu. Di kebanyakan toko-toko, anda dapat melihat macam-macam vitamin bubuk atau cair yang dibuat khusus untuk reptil. Pastikan suplemennya mengandung vitamin A, karena ini sangat penting untuk kesehatan mata kura-kura.

Buah dan sayuran

Kebanyakan toko-toko akan memberi tahu anda bahwa kura-kura brazil adalah hewan karnivora. Ya, mereka memang lebih suka makan serangga daripada tanaman, tetapi bukan berarti mereka tidak perlu makan sayuran. Mereka tidak mendapat vitamin A yang cukup jika hanya makan serangga dan makanan komersial saja. Anda perlu memberinya sayuran yang kaya dengan vitamin A seperti wortel. Beberapa kura-kura juga menerima lettuce, tomat, pepaya, cantaloupe atau pisang. Jangan beri dia bayam atau collard green karena mereka dapat menyebabkan komplikasi pencernaan. Jika kura-kura menolak total akan buah dan sayuran maka anda hanya memiliki dua pilihan: anda harus benar-benar memberi suplemen vitamin yang mengandung vitamin A atau paksa kura-kura anda untuk makan sayuran.Tanaman airBeberapa kura-kura akan makan tanaman air, maka jika anda mau mendekorasi aquarium anda bersama mereka, pastikan tanamannya tidak beracun untuk mereka. Beberapa tanaman yang kura-kura akan makan diantaranya adalah water hyacint, water lili, elodia, duckweed. Memberi makan kura-kura anda dengan tanaman air adalah ide yang bagus karena tanaman ini banyak mengandung vitamin A and juga memberi tempat berteduh bagi kura-kura.

Jangkrik

Jangkrik adalah makanan yang baik untuk kura-kura. Mereka merupakan makanan komplit dan juga mengasyikan melihat kura-kura mengejar mereka. Anda bisa mendapatkannya di toko-toko dan mereka relatif murah. Atau anda dapat mengembak-biakan sendiri.

Cacing tanah

Cacing tanah juga makanan yang baik untuk kura-kura dan sangat mudah dikembang-biakan. Salah satu masalahnya adalah jika kura-kura anda masih bayi, anda mungkin harus memotong cacingnya terlebih dahulu sebelum anda memberinya kepada mereka.

Keong air

Makanan alami yang baik yang tidak saja berfungsi sebagai makanan tetapi juga sebagai pembantu filter. Keong akan memakan makanan yang kura-kura anda tidak makan. Anda tidak memerlukan aquarium yang besar untuk menernak mereka.

Daging mentah, daging ayam atau ikan

Kura-kura sangat menyukai daging mentah, tetapi makanan ini tidak bagus untuk kura-kura. Daging mentah mengandung terlalu banyak lemak dan akan menyebabkan kegemukan pada kura-kura. Lagipula mereka tidak memberi kura-kura nutrisi yang sangat dibutuhkan. Daging ayam mentah… hati-hati salmonella. Anda dapat kadang-kadang memberi daging yang sudah dimasak tanpa bumbu. Ikan, saya menganjurkan untuk memberi ikan cere atau ikan guppy. Anda dapat kadang-kadang memberi ikan jenis lain tetapi coba hindari ikan laut. Anda sebaiknya menghindari memberi makan kura-kura anda dengan ikan yang telah dibekukan sebelumnya. Ikan ini mencegah menyerapnya beberapa nutrisi dan dapat menyebabkan masalah jangka panjang.

Tulan sotong

Tulang sotong juga bagus. Mereka adalah sumber kalsium untuk kura-kura dan bersamaan itu pula tulang sotong membantu menajamkan paruh mereka. Tulang sotong dapat ditempelkan di aquarium atau dibiarkan mengambang dan membiarkan kura-kura mengejarnya. Anda dapat membelinya di toko-toko termasuk di toko burung karena mereka juga dipakai untuk burung.

Kura-kura anda menolak makan

Jika kura-kura anda menolak makanan yang sebelumnya mereka sangat suka memakannya, jangan khawatir. Kura-kura brazil memang rewel dan kadang-kadang mereka hanya mau sesuatu yang lain daripada yang lain. Kadang-kadang masalahnya adalah karena anda memberinya sesuatu yang dia lebih suka tetapi tidak mendapatkannya dan kura-kura ini terus menunggu sampai anda memberinya makanan itu lagi. Jika kura-kura menolak untuk satu jenis makanan, coba berikan makanan lainnya. Selama kura-kura masih makan sesuatu maka tidak ada masalah kesehatan yang perlu dikhawatirkan. Anda patut curiga bahwa kura-kura anda sakit pada saat ia menolak segala jenis makanan yang anda berikan.

0 comments: